ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : Lintang Matahari Hasani
Program Studi : Magister Ilmu Komputer
Judul : Rancangan Antarmuka dan Interaksi Forum Diskusi Asinkronus
Berbasis Kerangka Kerja Community of Inquiry
Pembimbing : Harry Budi Santoso, Ph.D
Dr. Kasiyah, M.Sc
Dalam pembelajaran kolaboratif daring melalui forum diskusi daring (FDD), pelajar
mengkonstruk pemahaman personalnya secara aktif melalui serangkaian mekanisme
eksplorasi dan transaksi ide. Salah satu kerangka kerja yang memodelkan kehadiran yang
muncul dalam pembelajaran kolaboratif daring adalah kerangka kerja Community of
Inquiry (CoI). Kerangka kerja CoI mendapat perhatian luas para peneliti dan praktisi.
Namun, penelitian terkini mengenai model CoI masih terbatas pada pemetaan aktivitas
instruksional dan belum diwujudkan menjadi sebuah desain interaksi suatu lingkungan
belajar daring untuk pembelajaran kolaboratif yang dapat mendukung munculnya
kehadiran yang terdapat pada model CoI. Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain
interaksi forum diskusi daring asinkronus dengan metode User-Centered Design (UCD)
yang dikontekstualisasikan menurut pendekatan Learning-Centered Design (LCD).
Pendefinisian kebutuhan desain dalam penelitian ini melibatkan survei daring dan
wawancara eksploratif mengenai pengalaman menggunakan atau mengelola FDD untuk
pembelajaran. Hasil survei dan wawancara tersebut dianalisis secara kualitatif untuk
memformulasikan kebutuhan desain. Tujuh skenario penggunaan dan antarmuka forum
diskusi untuk memfasilitasi aktivitas perkenalan serta empat tahap inquiry dikembangkan
sebagai luaran desain interaksi. Rancangan tersebut dievaluasi melalui pengujian
kontekstual yang melibatkan 10 mahasiswa.
Pengujian kontekstual menunjukkan bahwa purwarupa mampu mendorong dan
memfasilitasi aktivitas perkenalan (kehadiran sosial), eksplorasi gagasan, menyimpulkan
(kehadiran kognitif), dan membantu partisipan diskusi yang mencari bantuan (kehadiran
pengajaran). Akan tetapi, purwarupa masih belum cukup mendorong partisipan
melakukan aktivitas triggering events (kehadiran kognitif), memilah dan
mengintegrasikan gagasan (kehadiran kognitif), dan eksplorasi (kehadiran kognitif)
sehingga diperlukan instruksi langsung dosen. Penelitian selanjutnya dapat meredesain
desain usulan berdasarkan rekomendasi dan mengembangkan sistem yang berfungsi
penuh yang dapat diujikan pada konteks penggunaan yang sebenarnya.
Kata kunci:
Community of Inquiry; Desain Interaksi; e-Learning; User-Centered Design
|