ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : Bimo Eka Putra
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul
Pembimbing
:
:
Perancangan Strategi Bisnis Digital Pariwisata: Studi Kasus
Marketplace MNO
Ir. Dana Indra Sensuse M.LIS., Ph.D.
Dr. Sofian Lusa S.E., M.Kom.
Menurut laporan World Travel & Tourism Council (2018) pariwisata menjadi salah satu
sektor perekonomian terbesar di dunia. Industri pariwisata sudah berada garis terdepan
dari disrupsi digital, dimana telah mengubah cara berwisata dalam kurun waktu beberapa
tahun terakhir (World Economic Forum, 2017). Di Indonesia sendiri, Industri pariwisata
menjadi sektor yang paling dapat mendukung pendapatan devisa negara. Melihat hal
tersebut, MNO hadir untuk memaksimalkan potensi industri pariwisata di Indonesia.
Namun, dalam mendapatkan potensi yang ada, aktivitas MNO dirasa masih belum
maksimal. Hal tersebut dilihat dari performansi yang belum mencapai target. MNO
merupakan Business-to-business (B2B) Marketplace yang menghubungkan pemilik
produk pariwisata (seller) dan penyedia jasa (buyer) di ekosistem pariwisata digital.
Penelitian ini merancanga strategi bisnis digital yang dapat digunakan pada MNO.
Metode perancangan strategi Chaffey digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan
strategi bisnis digital, dimana tahapan yang digunakan adalah strategic analysis, strategic
objectives, dan strategic definition. Hasil dari penelitian ini menghasilkan 15 strategi
bisnis digital untuk produk MNO yang dapat diimplementasikan. Selain itu, dirumuskan
juga 8 keputusan kunci untuk produk MNO. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat,
khususnya oleh produk MNO dalam menerapkan bisnis digital untuk industri pariwisata
di Indonesia.
|