ABSTRAK
Nama : Anisha Inas Izdihar
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Pengembangan dan Evaluasi Usability Aplikasi SRL*Pintar Berbasis
Android untuk Memfasilitasi Keterampilan Self-Regulated Learning
Pembimbing : Harry Budi Santoso, S. Kom, M. Kom, PhD & Dr. Drs. R. Yugo
=Kartono Isal, M. Sc
Self-regulated learning adalah keterampilan seseorang untuk belajar dengan
menggunakan kemampuannya untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa penelitian
menunjukkan penerapan keterampilan self-regulated learning dapat meningkatkan
kinerja belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang digunakan
untuk memfasilitasi keterampilan self-regulated learning pelajar dengan pendekatan
User-Centered Design. Tahap penelitian terdiri dari perumusan masalah, pengembangan
aplikasi, evaluasi aplikasi, dan penarikan kesimpulan. Aplikasi yang dikembangkan
berbasis Android dengan mengacu pada high-fidelity design dari hasil penelitian
terdahulu. Aplikasi yang dikembangkan dievaluasi dengan metode diary study dan
penilaian System Usability Scale. Pada penelitian ini, responden diary study dibagi
menjadi kelompok kontrol dan eksperimental. Kelompok kontrol diminta untuk
mengikuti skenario penggunaan aplikasi sedangkan kelompok eksperimental diberi
kebebasan untuk menggunakan aplikasi. Berdasarkan pemetaan respons evaluasi,
ditemukan bahwa responden dari kelompok kontrol lebih banyak menemukan masalah
usability daripada mengungkapkan pengalaman positif. Sementara itu, banyak responden
dari kelompok eksperimental yang memberi pendapat mengenai manfaat aplikasi pada
proses belajar. Penelitian ini mengungkapkan masalah usability baru pada desain yang
tidak ditemukan di penelitian sebelumnya. Dari pemetaan hasil evaluasi dan nilai System
Usability Scale, diperoleh rekomendasi perbaikan dan saran untuk pengembangan
aplikasi di masa depan.
Kata Kunci: Self-regulated learning, desain interaksi, Android, evaluasi, diary study
|
|