ABSTRAK
Nama : Wilda Paras Asti
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Pengguna dalam
Melakukan Pembelian Kembali pada Aplikasi E-Grocery
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani S.Kom., M.Sc. & Fatimah Azzahro
S.Kom., M.Sc.
E-Grocery merupakan layanan grocery yang dilakukan secara online, yang mana
pelanggan dapat melakukan pemesanan, memilih dan membayar belanja mereka
secara online hanya dengan menggunakan aplikasi mobile. Pengguna e-grocery
semakin meningkat dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Pada Kuartal
pertama tahun 2020, bisnis e-grocery mendapati lonjakan pengguna sebesar 20%
dari sebelum masa pandemi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktorfaktor yang dapat memengaruhi niat pengguna dalam melakukan pembelian
kembali di aplikasi e-grocery. Hasil dari penelitian ini diolah dari 427 responden
valid. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode Covariance Based
Structural Equation Modelling (CB-SEM) dengan bantuan software AMOS 24.
Hasil pengolahan data dan analisis data menunjukkan bahwa faktor yang
memengaruhi memengaruhi niat pengguna dalam melakukan pembelian kembali di
aplikasi e-grocery, yaitu online shopping satisfaction, trust to e-grocery,
repurchase intention, perceived value, perceived price fairness, service excellence,
attitude, efficiency, health conscious, dan product excellence.
Kata kunci:
E-Grocery, AMOS, Perceived Price Fairness, Online Shopping Satisfaction,
Repurchase Intention
|
|