ABSTRAK
PT Semen Indonesia merupakan salah satu perusahaan BUMN di Indonesia yang berada
dalam sektor industri bahan bangunan. Dalam menjalankan proses bisnisnya, teknologi
informasi menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan pencapaian target
perusahaan. Sebagai unit pengelola teknologi informasi, unit Departemen ICT
mempunyai tanggung jawab dalam memenuhi target Service Level Agreement. Namun
dalam pelaksanaannya, masih ada kesenjangan antara nilai realisasi dan target yang sudah
ditetapkan sebagai KPI unit kerja. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan
untuk memberikan rekomendasi peningkatan angka realisasi pemenuhan SLA. Sebelum
memberikan rekomendasi peningkatan perlu dilakukan evaluasi terlebih dahulu untuk
mengetahui kondisi saat ini. Penelitian ini menggunakan integrasi dari metode Service
Quality, Kano dan Quality Function Deployment untuk melakukan seleksi terhadap
process area yang menjadi prioritas dalam peningkatan kualitas layanan TI. Setelah
mengetahui process area beserta prioritasnya, tahap selanjutnya yang dilakukan adalah
mengukur kapabilitas performa proses layanan TI tersebut. Framework yang digunakan
untuk pengukuran adalah CMMI-SVC. Dari hasil pengukuran tersebut dilakukan analisis
rekomendasi aktivitas dan work product untuk peningkatan kualitas pada area proses
layanan TI, serta ukuran keberhasilan proses melalui Key Performance Indicator dari
ITIL. Usulan rekomendasi divalidasi kepada General Manager TI sehingga bisa menjadi
usulan solusi bagi peningkatan pengelolaan kualitas proses layanan TI dalam perusahaan.
|