ABSTRAK
Nama : Ihsan Putrananda
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Online Review Terhadap Actual Purchases dalam Ecommerce
di Indonesia
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani S.Kom., M.Sc. & Fatimah Azzahro S.Kom.,
M.Sc.
E-commerce merupakan salah satu platform berbasis online yang mewadahi interaksi
antara penjual toko dan pembeli produk, yang mana setiap penjual dapat memberikan
berbagai jenis produk untuk dipasarkan. Dalam setiap transaksi berbelanja di ecommerce,
terdapat sebuah fitur, yaitu online review yang digunakan pengguna ecommerce
untuk melihat ulasan produk yang telah dibeli oleh pelanggan sebelumnya.
Online review selalu dipandang sebagai sumber informasi penting yang memungkinkan
pembeli online menilai kualitas produk sebelum berbelanja. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh online review terhadap
keputusan seseorang untuk berbelanja secara online di Indonesia. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan data yang terkumpul sejumlah 681 responden.
E-commerce yang menjadi rujukan adalah lima e-commerce terbaik yang ada di
Indonesia, yaitu Shopee, Tokopedia, BliBli, Lazada, dan Bukalapak. Data yang
dikumpulkan selanjutnya dilakukan analisis menggunakan metode Covariance Based
Structural Equation Modelling (CB-SEM) dengan bantuan aplikasi AMOS 24. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat variabel penelitian yang paling berpengaruh,
yaitu perceived credibility dan implikasi praktis pemberian reward kepada penulis online
review menjadi hal yang signifikan terhadap pengaruh online review terhadap purchase
decision.
Kata kunci: e-commerce, online review, CB-SEM, AMOS, perceived credibility,
purchase decision
|
|