ABSTRAKbr.> ABSTRAK
Nama : Nur Hildayanti Utami
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Model Bisnis Pada Penyedia Massive Open Online Course
(MOOC): Studi Perbandingan Startup Global Dan Lokal
Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Dr. Panca Oktavia Hadi
Putra, B.Sc., M.Bus.
Disrupsi merupakan sebuah fenomena tak terhindarkan yang terjadi pada berbagai lini
kehidupan, termasuk pada industri pendidikan. Salah satu perkembangan teknologi yang
berpotensi mendisrupsi dunia pendidikan adalah massive open online course (MOOC). Berbeda
dengan institusi pendidikan tinggi yang sulit diakses, mahal dan eksklusif. MOOC tersedia
secara bebas dan dapat diakses gratis melalui internet di perangkat seluler atau komputer apa
pun. MOOC dirancang untuk partisipasi skala besar. MOOC memang berpotensi, sehingga
menarik perhatian banyak pihak. Para pelaku startup global maupun lokal termasuk pihak yang
gencar dalam pengembangan MOOC. Namun terdapat tantangan untuk menemukan model
bisnis yang layak untuk keberlanjutan terkait penyediaan MOOC. Startup pada industri
pendidikan, salah satunya MOOC, memiliki tingkat kegagalan yang mencapai 44% dengan
salah satu yang menjadi penyebabnya adalah karena model bisnis yang buruk. Untuk itu
dilakukan penelitian dalam menemukan model bisnis yang relevan untuk penyedia MOOC.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat eksploratif.
Eksplorasi secara mendalam dilakukan terhadap startup penyedia MOOC global dan lokal
melalui situs resmi perusahaan maupun dokumen lain yang terkait dengan penelitian.
Identifikasi awal terkait framework model bisnis yang digunakan dalam penelitian dilakukan
dengan menggunakan metode systematic literature review (SLR). Hasil dari penelitian
diperoleh pemetaan model bisnis penyedia MOOC global dan lokal serta rekomendasi model
bisnis bagi penyedia MOOC di Indonesia. Pada hasil penelitian ini terdapat peluang untuk
perbaikan lebih lanjut pada framework model bisnis maupun rekomendasi model bisnis bagi
penyedia MOOC.
Kata Kunci:
MOOC, model bisnis, startup
|
|