ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : SHELLY PRAMUDIAWARDANI
Program Studi : Magister Ilmu Komputer
Judul : Pengembangan Model Customer Knowledge Management (CKM) pada
E-Commerce B2C dengan pendekatan Soft System Methodology dan
Model Kano
Dalam era kompetitif ini, perusahaan- perusahaan e-commerce telah menyadari
akan pentingnya menjaga hubungan pelanggan. Terlebih dorongan dari para pelanggan
yang menuntut untuk terus meningkatkan kualitas layanan, sebagaimana banyak keluhan
disampaikan. Berbagai strategi digunakan untuk memperbaiki pelayanan diantaranya
penggunaan sentiment analysis, gamifikasi dan personalisasi layanan. Selain itu
dikembangkan juga pendekatan melalui media sosial, peningkatan kinerja data mining
dengan fuzzy expert system. Namun demikian, penelitian – penelitian tersebut belum
menunjukan konsep yang menyeluruh dalam menyelesaikan permasalahan pelanggan.
Oleh karenanya, untuk menutupi kesenjangan yang ada, pada penelitian ini akan
mengembangkan suatu model pengelolaan pengetahuan pelanggan yang membantu
meningkatkan kinerja CRM (Customer Relationship Management) dengan
mengintegrasikan CRM dan Knowledge Management yang akan menangani
permasalahan pelanggan dengan pengelolaan yang terintegrasi. Permasalahan pelanggan
akan dianalisis secara berkelanjutan dengan Soft System Methodology (SSM) yang tidak
hanya mengidentifikasi permasalahan, namun pihak- pihak yang terlibat didalamnya.
Model CKM yang dihasilkan divalidasi oleh pakar untuk mengetahui kesesuaiannya
dengan proses bisnis E-commerce B2C. Penelitian ini juga menganalisis kepuasan
pelanggan terhadap fitur CKM, berdasarkan jenis pengetahuan yang mendukung proses
CKM dengan menggunakan model Kano. Hasil analisis model kano menunjukkan fitur
yang dianggap luar biasa penting dan memberikan kepuasan bagi pelanggan diantaranya,
customer review, Search engine dan Trace the status order, sedangkan bagi pegawai
diantaranya Meeting, Data warehousing dan minutes of meeting. Selain itu, terdapat juga
fitur yang ternyata belum dimiliki pada sistem CKM responden dan menunjukkan
kepuasan, yaitu Idea Bank. Penelitian ini juga merancang sistem CKM dengan
pendekatan Unified Modeling Language (UML) dengan mendefinisikan kebutuhan
sistem dan skenario dari proses bisnis dengan use case diagram disertai spesifikasinya.
Kata Kunci: CKM, CRM, E-Commerce B2C, SSM, Model Kano, UM
|