ABSTRAK
Perkembangan industri asuransi di Indonesia mendorong PT Asuransi Sequis Life
meluncurkan inovasi website Super You untuk memberikan akses asuransi ke masyarakat
Indonesia. Hasil riset internal tim Super You menunjukkan bahwa pengguna website
membutuhkan pendampingan saat pembelian produk asuransi dan ada pihak yang dapat
ditanya mengenai asuransi. Oleh karena itu, Sequis Life meluncurkan sebuah chatbot yang
bernama SOVIA. Namun, kondisi saat ini menunjukkan bahwa sesi yang mengakses SOVIA
hingga ke pembayaran selesai mengalami penurunan. Hal tersebut juga didukung oleh hasil
wawancara dengan Head of Digital Super You. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan
evaluasi usability dari chatbot SOVIA kemudian menyusun perancangan rekomendasi
perbaikan chatbot SOVIA. Penelitian ini menggunakan pendekatan user-centered design
untuk memastikan perancangan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini
merupakan mixed methods research dengan pengumpulan data kuantitatif dilakukan
menggunakan kuesioner dari yang terdiri dari User Experience Questionnaire (UEQ) dan
Chatbot Usability Questionnaire (CUQ) dan menghasilkan 17 kelompok isu. Pada penelitian
ini juga dilakukan adaptasi CUQ ke dalam Bahasa Indonesia dengan pendekatan crosscultural adaptation. Metode kualitatif dilakukan dengan usability testing kepada 16
responden yang dipilih dari 100 responden kuesioner daring dan menghasilkan 40 kelompok
isu. Hasil dari penggabungan dan eliminasi kelompok adalah 25 kelompok permasalahan
yang telah dipetakan ke dalam prinsip heuristic evaluation of conversational design dan
menghasilkan 25 rekomendasi solusi perbaikan yang dipetakan ke prinsip Shneiderman’s
eight golden rules. Hasil solusi perbaikan kemudian dievaluasi oleh 16 responden usability
testing dengan wawancara kontekstual dan kuesioner daring yang terdiri UEQ dan CUQ.
Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada skor CUQ dari 55,8 ± 11.4 menjadi
75,5 ± 10,3. Hasil evaluasi UEQ menunjukkan peningkatan untuk setiap skala UEQ menjadi
baik dan di atas rata-rata. Untuk meningkatkan usability dari chatbot SOVIA ke level yang
lebih baik atau sempurna, manajemen PT Asuransi Sequis Life dapat menyusun proses
transisi dari fitur Tanya SOVIA dalam chatbot SOVIA ke tim customer service yang lebih
memudahkan pengguna.
|