ABSTRAK
Data adalah aset yang berharga bagi organisasi karena data yang berkualitas dapat
memberikan keuntungan dan nilai bagi perusahaan serta memberikan peluang adanya
pengembangan bisnis baru apabila dikelola dengan baik. Sedangkan kualitas data yang
buruk dapat memberikan dampak negatif antara lain keputusan bisnis yang tidak akurat,
penurunan pendapatan, peningkatan biaya operasional, penurunan kepercayaan dan
kepuasan pelanggan, peningkatan waktu pemrosesan data, dan tidak dapat memenuhi
kepatuhan terhadap peraturan maupun ekspektasi bisnis. PT IDN adalah fintech yang
memberikan kemajuan teknologi digital dalam sektor pendidikan di Indonesia dengan
menawarkan pengelolaan dan pembayaran tagihan pendidikan secara online. Penelitian
ini mencoba untuk menilai tingkat kematangan kualitas data di PT IDN dengan
menggunakan delapan karakteristik kualitas data dalam Loshin’s Data Quality
Framework. Hasil dari penilaian ini didapatkan bahwa PT IDN memiliki tingkat
kematangan kualitas data sebesar 1 pada komponen prosedur, tata kelola, standar,
teknologi, dan pengelolaan kinerja. Sedangkan tingkat kematangan kualitas data sebesar
2 ditemukan pada komponen harapan, dimensi, dan kebijakan informasi. Berdasarkan
hasil dari penilaian maturitas manajemen kualitas data saat ini dan tingkat maturitas
kualitas data yang diinginkan, maka didapatkan adalah 12 rekomendasi aktivitas-aktivitas
yang dapat dilakukan oleh PT IDN untuk meningkatkan kualitas datanya berdasarkan
DAMA-DMBOK.
|