ABSTRAK
Terbatasnya interaksi sosial di tengah pandemi COVID-19 memaksa perubahan pada
proses belajar mengajar secara konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh. Peran
platform pembelajaran daring diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang optimal
sehingga kesenjangan capaian belajar dapat diminimalkan. Namun, masyarakat
mengalami culture shock karena perubahan tersebut, kesadaran peserta didik yang masih
rendah untuk mengevaluasi hasil belajar, dan terdapat kendala terkait dengan akses
Internet. Oleh sebab itu, pengukuran tingkat kepuasan pengguna perlu dilakukan untuk
menilai efektivitas platform pembelajaran daring dalam menyediakan sumber belajar
alternatif dengan menggunakan teknik text mining. Penelitian ini menganalisis persepsi
pengguna terhadap layanan platform Ruangguru, Zenius, dan Quipper dengan mengolah
data ulasan dari Google Play Store. Teknik text mining yang digunakan ialah pemodelan
topik dengan metode Latent Dirichlet Allocation untuk mendefinisikan aspek layanan
yang dibahas pada data ulasan. Selain itu, dilakukan analisis sentimen ulasan dari setiap
aspek layanan menggunakan algoritma SentiStrengthID. Hasil dari kedua teknik text
mining tersebut dikuantifikasi menggunakan metode Net Reputation Score untuk
mendapatkan skor kepuasan pengguna sehingga dapat menjadi referensi bagi pihak
penyedia platform dalam menentukan prioritas peningkatan layanan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa aspek promosi dan video berlangganan perlu menjadi fokus
perbaikan bagi pihak penyedia platform Ruangguru. Kedua aspek tersebut mendapatkan
skor kepuasan terendah sebesar -6,19% dan 15,84%. Sementara itu, aspek mengenai
latihan soal dan akun pengguna pada platform Zenius perlu untuk menjadi prioritas
perbaikan dengan masing-masing skor kepuasan yang diperoleh sebesar 34,91% dan
44,14%. Terakhir, aspek layanan dari platform Quipper mengenai latihan pembahasan
dan registrasi pengguna perlu segera diperbaiki karena mendapatkan skor kepuasan yang
kritikal sebesar -54,28% dan -16,66%. Berdasarkan hasil tersebut, didapatkan wawasan
yang berguna bagi pihak penyedia untuk mempermudah pengambilan keputusan dalam
optimasi platform pembelajaran daring.
|