ABSTRAK
PT. Agara Cipta Mandiri (ACM) adalah perusahaan aggregator SMS. Dari seluruh jasa
dan layanan yang ada, Jasa pengiriman SMS dipilih menjadi ujung tombak perusahaan
dalam meraup pendapatan, salah satu alasannya adalah belum meratanya coverage
internet membuat SMS masih reliabel sebagai pengiriman pesan karena SMS tidak
membutuhkan jaringan internet. Pendapatan PT. ACM cenderung menurun pada 3 tahun
terakhir. Tujuan dari peneliitan ini untuk menghasilkan strategi SI/TI untuk PT. Agara
Cipta Mandiri. Dari analisis permasalahan pada penelitian ini diketahui bahwa strategi
SI/TI tidak selaras dengan Visi dan Misi perusahaan. Perumusan strategi SI/TI pada
penelitian ini menggunakan metode Ward and Peppard dengan menggunakan instrumeninstrumen analisis Value Chain, SWOT, Six Force Porter, PEST. Penelitian ini
menghasilkan 7 usulan sistem informasi, dimana 1 diantaranya sudah ada dan perlu
dilakukan peningkatan dan 5 lainnya harus diadakan sistem informasi baru untuk
mendukung Visi dan Misi organisasi..
|