ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat membawa perkembangan jaman
menjadi serba digital. Pesatnya teknologi informasi, membawa suatu institusi atau
organisasi memanfaatkan suatu teknologi informasi yang tidak dapat dipisahkan dari
layanan proses bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan
aktivitas dan mencapai tujuan bisnisnya. Dalam menggunakan layanan teknologi
informasi ini tidak terlepas dari kelemahan dan permasalahan seperti terjadinya insiden
yang yang dapat mengakibatkan buruknya layanan teknologi informasi dan dapat
mengancam keberlangsungan bisnis suatu organisasi. Untuk meminimalisir ancaman
availability layanan bisnis yang didukung oleh teknologi informasi, pengelolaan layanan
teknologi informasi yang baik menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan agar
menghasilkan kualitas layanan yang baik. Satuan Kerja XYZ merupakan satuan kerja
yang bertugas untuk mengelola TI di Institusi X yang bergerak di bidang keuangan dan
perbankan yang memiliki tim pengelolaan insiden dalam menjaga kualitas layanan TI
nya. Dalam operasionalnya Satuan Kerja XYZ memiliki berbagai insiden yang
berdampak besar pada ketersediaan layanan sistem pembayaran yang disediakannya
untuk pihak internal dan eksternal. Sejauh ini belum diketahui apakah tim pengelolaan
insiden di Satuan Kerja XYZ sudah berjalan dengan baik serta apakah hal yang perlu
dilakukan seharusnya sudah diimplementasikan oleh Satuan Kerja XYZ. Berdasarkan
permasalahan tersebut, diperlukannya assessment terhadap Incident Management yang
berjalan di Satuan Kerja XYZ. Oleh karena itu, kegiatan penelitian ini yaitu melakukan
assessment Incident Management menggunakan OGC Self-Assessment Tools serta
memberikan usulan perbaikan atas kekurangan yang didapatkan dari hasil assessment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Assessment Incident Management
menggunakan OGC Self-Assessment Tools di Satuan Kerja XYZ yaitu mencapai Level 3.
|