ABSTRAK
XYZ Collaborative Learning in Completing Knowledge (JM-Click) adalah aplikasi
berbasis mobile yang dapat membantu karyawan XYZ untuk dapat melakukan
pembelajaran elektronik. Tujuan dari adanya JM-Click adalah menjadi tempat
pengembangan diri bagi setiap karyawan. Akan tetapi tingkat penggunaan JM-Click
masih kurang maksimal karena masih banyak pengguna yang merasa aplikasi masih sulit
dipahami dan digunakan. Untuk meningkatkan penggunaan aplikasi, maka dilakukan uji
kebergunaan agar dapat mengetahui hal apa saja yang masih dapat diperbaiki pada
aplikasi JM-Click. Dilakukan evaluasi terhadap aplikasi menggunakan metode cognitive
walkthrough. Berdasarkan hasil evaluasi, terdapat permasalahan kebergunaan pada 22
aksi yang diuji. Hasil evaluasi berupa masalah kebergunaan yang ditemukan kemudian
dipetakan dengan pedoman kebergunaan aplikasi pembelajaran yang dibentuk oleh
Kumar, Goundar, & Chand pada tahun 2019 untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan
terhadap aplikasi. Rekomendasi perbaikan yang dibentuk juga divalidasi dengan
membandingkan hasil iterasi evaluasi cognitive walkthrough sebelum dan sesudah
perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian, perbaikan berupa penyesuaian ukuran area tekan,
validasi tombol simpan isian, penggunaan ikon yang tepat, serta penggunaan tampilan
dan navigasi yang konsisten dapat meningkatkan tingkat keberhasilan pengguna dalam
menyelesaikan aksi pada aplikasi. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu pihak
XYZ untuk menyesuaikan pengembangan perangkat lunak JM-Click dengan kebutuhan
utama penggunanya sehingga dapat memberikan dampak positif pada tingkat penggunaan
aplikasi.
|