ABSTRAK
Nama : Rafif Iqbal Shaputra
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Media Richness dan Interactivity dalam
Visualisasi Tampilan Hotel terhadap Intensi Memesan Hotel pada
Aplikasi Online Travel Agency (OTA)
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom, M.Kom dan Larastri
Kumaralalita, S.Kom., M.Sc.
Visualisasi tampilan hotel menjadi salah satu acuan utama pelanggan ketika
melakukan pemesanan hotel secara online melalui online travel agency (OTA).
Penerapan visualisasi tampilan hotel diharapakan dapat maksimal agar dapat
meningkatkan intensi memesan hotel. Visualisasi tampilan dapat menjadi lebih
maksimal jika menerapkan konsep media richness dan interactivity. Penelitian ini
akan menganalisis pengaruh media richness dan interactivity pada trust, perceived
valuež dan attitude terhadap intensi memesan hotel. Metode yang digunakan pada
penelitian adalah eksperimental between subject 2 (media richness: tinggi atau
rendah) x 2 (interactivity: tinggi atau rendah). Data valid yang diperoleh sebanyak
152 responden dan diolah menggunakan metode ANOVA dan analisis mediasi pada
aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visualisasi tampilan dengan
media richness dan interactivity tinggi akan memberikan pengaruh yang lebih
signifikan terhadap trust, perceived valueždan attitude dibandingkan dengan media
richness dan interactivity rendah. Pada hubungan interaksinya, hasil yang diperoleh
adalah pengaruh media richness yang disertai dengan interactivity tinggi memiliki
pengaruh lebih signifikan terhadap trust dan attitude dibandingkan dengan yang
disertai interactivitiy rendah. Berkaitan dengan variabel mediasinya, yaitu trust,
perceived value, dan attitude, masing-masingnya memiliki pengaruh positif
terhadap intensi memesan hotel dan memediasi hubungan antara media richness
dan intensi memesan hotel.
Kata kunci:
Attitude, intensi memesan, interactivity, online travel agency, media richness,
perceived value, trust.
|
|