ABSTRAK
Nama : Julia Ningrum
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul Laporan : Implementasi Fitur Cutscenes, Penyimpanan Data, Trolley
Stages, Serta Audio Dalam Pembuatan Game Sebagai
Media Pengumpulan Data Riset Fakultas Psikologi Universitas
Indonesia
Penulis melaksanakan kerja praktik di Fakultas Psikologi UI. Penyelia kerja praktik
adalah dosen Fakultas Psikologi UI yang ingin melakukan riset terhadap kepribadian dan
pola pikir seseorang. Kerja praktik dilaksanakan selama 8 minggu dari 29 Juni 2020
hingga 21 Agustus 2020. Penulis ditugaskan untuk membuat sebuah Android mobile
game yang berfungsi sebagai media pengumpulan data yang akan dipakai untuk riset
penyelia. Game dibuat menggunakan Godot game engine dan menerapkan teori trolley
dilemma. Penulis berperan sebagai Full-Stack Game Developer yang bertugas untuk
membuat kode game, layouting, membuat aset background musics, dan menguji game
agar berjalan dengan baik. Pada laporan ini, penulis membahas mengenai keseluruhan
proses kerja praktik, dimulai dari proses pencarian kerja praktik hingga hal-hal yang
didapatkan selama melaksanakan kerja praktik.
Kata kunci:
Android, Game developer, Godot engine, Kerja praktik, Mobile game
|
|