ABSTRAK
Nama : Sendhy Nugroho
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Retensi Pengguna
Aplikasi Investasi Reksa Dana di Indonesia
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom. dan Dr. Panca Oktavia
Hadi Putra, B.Sc. (Hons), M.Bus.
Reksa dana merupakan salah satu wadah yang digunakan masyarakat untuk menghimpun
dana. Saat ini, banyak sekali pilihan aplikasi berbasis mobile yang menawarkan fitur jual
beli reksa dana. Banyaknya pilihan tersebut menimbulkan persaingan antar pengembang
aplikasi sehingga membuat para pengembang ini berlomba-lomba untuk mencari cara
untuk mempertahankan kesetiaan penggunanya dengan meningkatkan angka retensi
pengguna pada aplikasinya. Namun, saat ini belum banyak penelitian yang membahas
mengenai retensi pengguna pada aplikasi investasi reksa dana. Sementara itu, penelitian
yang penulis temukan terkait retensi pengguna pada aplikasi investasi reksa dana, tidak
membahas faktor kualitas dari aplikasi, namun lebih berfokus pada faktor lain di luar
aplikasi. Hal tersebut menjadi latar belakang penulis dalam melakukan penelitian ini.
Penulis berfokus dalam menganalisa faktor-faktor yang memengaruhi retensi pengguna
pada aplikasi investasi reksa dana di Indonesia berdasarkan aspek kualitas aplikasi dan
perceived usability. Penelitian ini menggunakan Expectation-Confirmation Model
(ECM) sebagai model atau teori utama. Metode penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu dengan menggunakan survei. Pada
penelitian ini, data yang digunakan berjumlah 414 data responden. Data tersebut
selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan metode Covariance-Based Structural
Equation Modelling (CB-SEM). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
tiga variabel yang secara langsung dapat memengaruhi retensi pengguna pada aplikasi
investasi reksa dana, yaitu satisfaction, perceived usefulness, dan perceived enjoyment.
Berdasarkan ketiga variabel tersebut, variabel satisfaction memiliki pengaruh yang paling
signifikan. Satisfaction atau kepuasan pengguna sendiri, diketahui dapat dipengaruhi oleh
beberapa faktor, yaitu perceived usefulness, perceived enjoyment, perceived ease of use,
trust, confirmation, prompt response, dan security.
|
|