ABSTRAK
Adanya pembatasan interaksi fisik dan pembelajaran tatap muka akibat pandemi
COVID-19 menyebabkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjajaran
melakukan transisi pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Pihak
fakultas menilai bahwa pembelajaran daring dapat menimbulkan tantangan dan
memberikan peluang, khususnya apabila dilihat dari sudut pandang dosen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan serta peluang dalam penyelenggaraan
pendidikan secara daring berdasarkan sudut pandang dosen. Proses identifikasi
dilakukan dengan melakukan survei dengan kuesioner yang bersifat open-ended
questions dengan panduan pertanyaan merujuk pada identifikasi tantangan dan peluang
hasil systematic literature review (SLR). Hasil survei kemudian dilakukan analisis
tematik untuk mengidentifikasi tema-tema tantangan dan peluang. Analisis tematik
menghasilkan empat tema tantangan dan tiga tema peluang. Tema tantangan meliputi:
Tantangan Pelaksanaan Perkuliahan, Tantangan Institusi, Tantangan Individu, dan
Tantangan Teknologi. Tema peluang meliputi: Peluang Individu, Peluang
Perkembangan Metode Pembelajaran, dan Peluang Akses Eksternal.
|