ABSTRAK
Nama
Program Studi
Judul
Pembimbing
: Nindya Savirahandayani
: Sistem Informasi
: Analisis Pengaruh Augmented Reality pada Niat Membeli Produk
Kosmetik di Indonesia
: Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom dan Hafizh
Rafizal Adnan, S.Kom., M.Kom
Augmented Reality adalah media yang membawa informasi digital ke dalam dunia nyata. Di
Indonesia, Augmented Reality mulai dikembangkan di bidang e-commerce, khususnya
kosmetik. Penggunaan Augmented Reality di bidang kosmetik dilakukan untuk memberikan
pengalaman mencoba kosmetik secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh dari penggunaan Augmented Reality terhadap niat membeli kosmetik. Penelitian
ini menggunakan kerangka SOR framework (Stimulus Organism Respons) dengan teori
affordance sebagai stimulus, teori PAD (Pleasure, Arousal dan Dominance) sebagai
organism dan purchase intention sebagai respons. Penelitian ini juga menganalisis efek
moderasi motivasi hedonisme terhadap hubungan stimulus dengan organism. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online. Data dari
353 responden diolah dengan metode CB-SEM. Hasil penelitian menunjukkan adanya
pengaruh positif antara hubungan stimulus (interactivity dan vividness) kepada organism
(pleasure, arousal dan dominance). Hasil penelitian menemukan adanya pengaruh positif
arousal dan dominance terhadap purchase intention, namun tidak ditemukan pengaruh antara
pleasure dengan purchase intention. Penelitian juga mengungkapkan bahwa motivasi
hedonisme memoderasi hubungan interactivity dengan pleasure dan dominance dan
hubungan vividness dengan pleasure. Penelitian ini memberikan implikasi kepada
pengembang AR dan pemilik produk untuk meningkatkan kualitas AR pada aspek
interactivity dan vividness dan menambahkan aspek hedonisme dari Augmented Reality.
Kata Kunci: Augmented Reality, interactivity, vividness, emosi, intensi, kosmetik
|
|