ABSTRAK
Nama : Muhammad Fawwaz Syarif
NPM : 1606889074
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Intensi Pembelian di Social
Commerce dengan Perspektif Teori Socio-technical dan Selfdetermination
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom
Social commerce (s-commerce) adalah aktivitas perdagangan daring yang
menggunakan social network sites (SNS) seperti Facebook dan Instagram.
Masyarakat Indonesia sendiri diketahui memiliki sikap belanja yang sangat
dipengaruhi oleh SNS. Motivasi intrinsik disebutkan sebagai hal yang paling
memengaruhi seseorang untuk mengambil keputusan termasuk dalam berbelanja di
s-commerce. Agar dapat mengetahui karakteristik s-commerce apa saja yang
memengaruhi motivasi intrinsik seseorang, digunakan perspektif teori sociotechnical. Teori socio-technical digunakan karena faktor sosial dan teknikal pada
s-commerce tidak dapat dipisahkan. Model penelitian ini terdiri dari bagian 1)
dukungan sosial (informational support dan emotional support); 2) penunjang
teknikal (support for social interaction, support for recommendation, dan support
for reputation); 3) self-determination theory (autonomy, competence, relatedness,
dan motivasi intrinsik); dan 4) faktor intensi pembelian pada s-commerce.
Penelitian dilakukan menggunakan metode covariance-based structural equation
modelling (CB-SEM) dengan menggunakan survei daring yang diisi oleh 561
responden valid. Hasil analisis membuktikan bahwa semua faktor dalam
karakteristik teknikal s-commerce memengaruhi autonomy dan competence; faktor
emotional support memengaruhi relatedness; faktor informational support
memengaruhi autonomy, competence, dan relatedness; faktor autonomy,
competence, dan relatedness memengaruhi motivasi intrinsik; dan motivasi
intrinsik memengaruhi intensi pembelian pada s-commerce. Penelitian ini
diharapkan dapat mengisi kekosongan penelitian mengenai motivasi dalam scommerce. Penelitian ini juga diharapkan dapat memiliki implikasi praktikal bagi
pelaku industri s-commerce untuk mengimplementasi fitur yang sesuai dan
mengatur strategi bisnis yang tepat.
Kata kunci:
Social commerce, self-determination theory, socio-technical theory
|
|