ABSTRAK
Nama : Cassie Michelle
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis dan Perancangan Pengalaman Pengguna pada Chatbot
Smart City: Studi Kasus Layanan di Masa Pandemi
Pembimbing 1 : Gladhi Guarddin, S.Kom., M.Kom.
Pembimbing 2 : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Di era perkembangan teknologi, pemerintah Indonesia sedang gencar untuk
menjalankan “ Gerakan Menuju 100 Smart City” yang bertujuan untuk menunjang
pelayanan masyarakat di Indonesia. Selain itu, saat ini masyarakat Indonesia
sedang dilanda berbagai masalah akibat pandemi COVID-19. Hal ini mendorong
pembangunan layanan smart city agar dapat melayani masyarakat kota dengan
lebih baik. Pemerintah telah membuat beberapa chatbot untuk membantu
masyarakat di masa pandemi. Namun, chatbot tersebut belum memperhatikan
kebutuhan masyarakat di bidang ekonomi, pendidikan, dan mobilitas. Selain itu,
penggunaan chatbot masih kurang diminati akibat percakapannya yang masih
terkesan kaku dan memiliki perbendaharaan kata yang masih terbatas. Penelitian
ini diharapkan dapat memberikan solusi berupa chatbot layanan smart city untuk
menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat kota selama masa
pandemi. Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode user-centered
design yang melibatkan target pengguna pada setiap tahapannya. Pengumpulan
kebutuhan chatbot dilakukan dengan menggunakan survei daring. Temuan yang
diperoleh dijadikan acuan dalam perancangan purwarupa untuk chatbot layanan
smart city di masa pandemi. Evaluasi terhadap purwarupa dilakukan dengan
menggunakan metode usability testing dan A/B testing untuk evaluasi kualitatif,
sedangkan untuk evaluasi kuantitatif menggunakan instrumen SUS dan CUQ.
Chatbot layanan smart city yang dirancang dengan hasil yang cukup baik dilihat
dari nilai SUS dan CUQ yang diperoleh cukup untuk dikategorikan ‘acceptable’.
Kata Kunci:
Chatbot, smart city, pandemi, pengalaman pengguna, user-centered desig
|
|