ABSTRAK Nama Pelaksana : Hidayatul Fikri Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Ilmu Komputer Dosen Kerja Praktik : Penelitian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia terhadap Permainan yang Melibatkan Kebohongan: Studi Kasus Renyi--Ulam Game Dalam jurnalnya, Deppe (2004) menjelaskan tentang sebuah permainan yang diajukan oleh Renyi pada tahun 1961 dan Ulam pada tahun 1976, yang kemudian disebut sebagai Renyi--Ulam Game. Permainan ini merupakan sebuah permainan yang melibatkan kebohongan secara sistematis dalam aturan mainnya. Pada tahun 1964, Berlekamp memperkenalkan melalui disertasinya permasalahan yang serupa dengan permainan ini (Deppe, 2004). Penelitian ini meneliti algoritma yang cocok untuk memecahkan masalah kebohongan dalam permainan Renyi--Ulam Game. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa algoritma yang menggunakan Berlekamp’s Volume dapat menjalankan Renyi– Ulam Game dengan optimal. Namun, dengan temuan-temuan tertentu masih dapat dilakukan perubahan untuk membuatnya menjadi lebih efisien lagi.