Abstrak Nama : Dandy Febriano NPM : 1706074695 Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pembuatan sistem informasi pengelolaan keluhan pelanggan PT Dagsap Endura Eatore Dokumen ini berisi laporan mengenai pelaksanaan kerja praktik di PT Dagsap Endura Eatore sebagai full stack developer. Pelaksanaan kerja praktik dilakukan sejak 6 September 2021 sampai 5 November 2021 yang dilaksanakan secara work from home. Full steck developer ditempatkan di bawah divisi IT yang dimana saat itu diminta untuk mengembangkan sistem pengelolaan keluhan yang akan digunakan oleh divisi QAQC (Quality Assurance dan Quality Control). Didalam sistem ini, penulis diminta untuk mengembangkan 3 fitur yaitu pengelolaan user, profil dan CAR (Corrective Action Request). Sebelum memulai mengembangkan sistem, requirement gathering dilakukan terlebih dahulu yang dimana hasil dari requirement gathering tersebut akan dibuat flowchart dan use case diagram yang dimana kedua hal tersebut akan menjadi acuan dalam mengembangkan sistem. Adapun pelajaran berharga yang didapatkan setelah pelaksanaan kerja praktik baik secara soft dkill seperti cara berkomunikasi, profesionalitas, kedisiplinan dan manajemen waktu ataupun hard skill yaitu keahlian dalam mengembangkan website atau sistem.