Aplikasi yang dibangun (Sistem pengenalan wajah 3 dimensi), merupakan pengembangan dari aplikasi yang telah ada di Laboratorium Kecerdasan Komputasional Fak. Ilmu Komputer Universitas Indonesia yang berfungsi dalam pengenalan wajah 3-Dimensi. Aplikasi ini akan mengenali objek dari citra wajah yang diujikan kepada sistem setelah sistem mempelajari karakteristik dari objek-objek wajah pada saat fase pelatihan. Aplikasi ini menggunakan jaringan neural buatan Hemisphere Structured Hidden Layer (HSHL) sebagai mesin utama sistem ini dalam mempelajari dan mengenai objek citra wajah. Sebagai optimasi dalam pemrosesan data citra, maka di dalam pengembangan sistem digunakan metode reduksi dimensi eigenface dan fisherface sebabai penyeleksi ciri-ciri penting dari data citra wajah dan mengurangi noise dari data tersebut. Proyek mahasiswa ini juga melakukan suatu eksperimen terhadap tingkat pengenalan dari sistem pengenalan wajah 3 dimensi. Secara umum, hasil yang didapatkan kurang memuaskan, namun buruknya hasil eksperimen lebih disebabkan oleh kurangtangguhnya perangkat eksperimen, dan rendahnya resolusi data yang digunakan. Bab I membahas latar belakang, tujuan, tuang lingkup, dan metodologi proyek, BabII. membahas landasan teori yang mendasari implementasi mesin utama yang dipakai didalam sistem ini, Bab III membahas bagaimana citra sample didapatkan,dan bagaimana pengolahannya, Bab IV mencakup perencanaan waktu pengerjaan proyek, dan jadwal melaksanakan proyek, Bab V. meliputi analisa kebutuhan sistem, analisa kebutuhan jenis informasi, pemodelan arsitektur sistem, pemodelan data, dan pemodelan proses, Bab VI berisi rancangan arsitektur sistem, rancangan basis data, rancangan proses, dan rancangan antarmuka, Bab VII mencakup implementasi mesin utama, implementasi sistem pendukung, dan pengujian sistem, Bab VIII menjelaskan eksperimen yang dilakukan dan analisa dari eksperimen tersebut, BAB IX berisi kesimpulan dan saran dari proyek mahasiswa. Daftar Pustaka berisi dari semua referensi yang dipergunakan di dalam laporan ini. Lampiran terdapat pada bagian akhir pada laporan yang meliputi contoh citra dan formulir persetujuan pembimbing Proyek Mahasiswa.