ABSTRAK
Peran internet semakin penting dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.
Bertumbuhnya pengguna dan kebutuhan akan internet menjadi peluang bagi penyedia
jasa internet, salah satunya Telkom dengan produk IndiHome. Sebagai BUMN yang
bergerak di bidang telekomunikasi, Telkom memiliki peran sebagai penyedia layanan
internet untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun produk IndiHome dikeluhkan
karena layanannya yang masih bermasalah. Berdasarkan survei kepuasan pelanggan pada
tahun 2019 dan 2020, NPS produk IndiHome tidak mencapai target. Dari target besar atau
sama dengan 5, pada tahun 2019 dan 2020, NPS produk IndiHome sebesar -1,67 dan 2,87.
Hal ini karena pengerjaan permasalahan masih berdasarkan laporan serta belum memiliki
cara untuk mengetahui topik permasalahan yang terjadi secara langsung dan belum
memanfaatkan opini media sosial karena masih memanfaatkan survei pada pelanggan.
Penelitian ini bertujuan membangun model analisis sentimen terhadap layanan IndiHome
pada twitter & instagram untuk mengetahui respons (NPS) masyarakat, serta topic
modelling untuk menemukan topik yang sering dibahas. Data yang digunakan diambil
dalam rentang waktu bulan Maret 2019-April 2021. Proses pembangunan model analisis
sentimen pada penelitian ini menggunakan metode SVM dan Naïve Bayes dengan
representasi teks N-Grams dan pembobotan TF-IDF. Klasifikasi sentimen pada penelitian
ini yaitu kelas positif, negatif, netral dan irelevan. Model klasifikasi terbaik yang
dihasilkan menggunakan metode SVM, dengan akurasi 70,13% pada twitter dengan fitur
unigram dan akurasi 73,55% pada instagram dengan fitur unigram+bigram. Sentimen
yang dihasilkan mayoritas cenderung negatif, dengan nilai NPS -79,49 pada twitter dan -
56,12 pada Instagram. Dari media sosial twitter dan instagram diketahui respons terhadap
layanan IndiHome memiliki indeks negatif, yang berarti masyarakat merasa tidak puas
dengan layanan IndiHome. Untuk topik didapatkan dari analisis deskriptif pemodelan
topik menggunakan metode LDA. Topik diskusi negatif yaitu jaringan internet IndiHome
ditemukan mati secara mendadak, jaringan internet IndiHome lamban, jaringan internet
IndiHome mati pada tengah malam atau ketika terjadi hujan, biaya berlangganan
IndiHome mahal, pelayanan IndiHome yang tidak responsif, pelayanan IndiHome tidak
memberikan solusi, sudah melakukan pembayaran tagihan tetapi internet diisolir, janji
temu (appointment) teknisi tidak sesuai waktu, dan ingin berhenti berlangganan atau
pindah provider karena koneksi internet IndiHome yang lamban. Topik diskusi positif
yaitu informasi diskon atau promo dan tips yang mudah dimengerti & bermanfaat. Secara
umum penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk langkah-langkah proses analisis
sentimen serta pemodelan topik dan dari hasil yang didapat penelitian ini dapat dijadikan
referensi untuk evaluasi peningkatan layanan IndiHome.
|