ABSTRAK
Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) merupakan sistem untuk
melakukan integrasi layanan di lingkup sumber daya pendidikan tinggi serta integrasi
data dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Berdasarkan hasil
wawancara, pengumpulan data dan studi dokumen ditemukan adanya penggunaan
SISTER yang belum memenuhi harapan dalam tampilan, fitur maupun pengoperasian
sistem. Hal tersebut tercermin dari laporan kendala pengguna kepada pengelola SISTER
yang tidak cenderung berkurang sejak bulan Mei hingga September di tahun 2020
maupun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi usability dan
memberikan rekomendasi perbaikan terkait usability pada SISTER di Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Evaluasi dilakukan dengan
menggunakan mixed-methods yang terdiri dari pengumpulan data secara kuantitatif
menggunakan kuesioner evaluasi usability berupa System Usability Scale (SUS) dan
pengumpulan data kualitatif menggunakan Usability Testing (UT) dengan
dikombinasikan hasil dari Open-Ended Questions (OEQ). Sebanyak kurang lebih 3141
responden berpartisipasi dalam pengisian kuesioner usability untuk mendapatkan data
kuantitatif berdasarkan pengalaman pengguna di SISTER. 11 responden yang diperoleh
dari responden kuesioner usability berpartisipasi dalam proses UT. Hasil dari SUS
diperoleh nilai sebesar 61,18 atau grade D dalam skala penilaian usability, sehingga
dalam hal ini SISTER masih perlu penyempurnaan pada beberapa aspek usability. Di
sisi lain hasil UT memperoleh sebanyak 68 daftar permasalahan yang disampaikan oleh
pengguna, sedangkan hasil OEQ yang terdapat 32 daftar permasalahan. Daftar
permasalahan dijadikan acuan penyusunan rekomendasi dan desain perbaikan
berdasarkan 10 Usability Heuristics for User Interface Design. Sebanyak 33
rekomendasi perbaikan beserta hasil analisis permasalahan dapat digunakan sebagai
saran kepada tim pengembang maupun direktorat terkait untuk pertimbangan
pengembangan SISTER.
|