ABSTRAK

Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) merupakan sistem untuk melakukan integrasi layanan di lingkup sumber daya pendidikan tinggi serta integrasi data dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Berdasarkan hasil wawancara, pengumpulan data dan studi dokumen ditemukan adanya penggunaan SISTER yang belum memenuhi harapan dalam tampilan, fitur maupun pengoperasian sistem. Hal tersebut tercermin dari laporan kendala pengguna kepada pengelola SISTER yang tidak cenderung berkurang sejak bulan Mei hingga September di tahun 2020 maupun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi usability dan memberikan rekomendasi perbaikan terkait usability pada SISTER di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan mixed-methods yang terdiri dari pengumpulan data secara kuantitatif menggunakan kuesioner evaluasi usability berupa System Usability Scale (SUS) dan pengumpulan data kualitatif menggunakan Usability Testing (UT) dengan dikombinasikan hasil dari Open-Ended Questions (OEQ). Sebanyak kurang lebih 3141 responden berpartisipasi dalam pengisian kuesioner usability untuk mendapatkan data kuantitatif berdasarkan pengalaman pengguna di SISTER. 11 responden yang diperoleh dari responden kuesioner usability berpartisipasi dalam proses UT. Hasil dari SUS diperoleh nilai sebesar 61,18 atau grade D dalam skala penilaian usability, sehingga dalam hal ini SISTER masih perlu penyempurnaan pada beberapa aspek usability. Di sisi lain hasil UT memperoleh sebanyak 68 daftar permasalahan yang disampaikan oleh pengguna, sedangkan hasil OEQ yang terdapat 32 daftar permasalahan. Daftar permasalahan dijadikan acuan penyusunan rekomendasi dan desain perbaikan berdasarkan 10 Usability Heuristics for User Interface Design. Sebanyak 33 rekomendasi perbaikan beserta hasil analisis permasalahan dapat digunakan sebagai saran kepada tim pengembang maupun direktorat terkait untuk pertimbangan pengembangan SISTER.