ABSTRAK
Nama : Rafiqa Amini Mulia
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal yang Memengaruhi
Online Privacy Concern Pengguna E-commerce di Indonesia
E-commerce selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, dimana
salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan menganalisis data yang
didapatkan dari pengguna. Penggunaan data dapat memastikan pengguna
mendapatkan layanan yang lebih baik, namun juga dapat menimbulkan masalah
pelanggaran privasi pada pengguna. Pelanggaran privasi ini dapat menyebabkan
pengguna khawatir terhadap privasinya di e-commerce. Untuk mengatasi rasa
khawatir pengguna akan privasi, terlebih dahulu harus diketahui faktor-faktor yang
memengaruhi rasa khawatir tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi online privacy
concern pada e-commerce di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner kepada responden dan diolah dengan menggunakan
metode CB-SEM pada aplikasi AMOS 24.0. Jumlah responden valid yang
didapatkan dari pengisian kuesioner adalah sebanyak 1.017 responden. Pengolahan
data dilakukan berdasarkan tiga kelompok data, yaitu kelompok laki-laki,
kelompok perempuan, dan kelompok gabungan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa faktor internal yang memengaruhi online privacy concern pada e-commerce
di Indonesia adalah privacy awareness, previous online experience, dan privacy
control, sedangkan faktor eksternalnya adalah information collection. Pengolahan
data berdasarkan jenis kelamin menghasilkan faktor-faktor yang berbeda pada
pengguna laki-laki dan pengguna perempuan. Selain itu, hasil penelitian juga
menunjukkan hubungan positif antara online privacy concern dengan withholding
personal information dan fabricating personal information.
Kata Kunci:
online privacy concern; faktor internal; faktor eksternal; e-commerce; protection
motivation theory; CB-SEM
|
|