ABSTRAK Nama : Dwipuspa Ramadhanti Santoso Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Resistansi Adopsi Online Marketplace pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani S.Kom., M.Sc. & Fatimah Azzahro S.Kom., M.Sc. Saat ini, angka penggunaan e-commerce terus meningkat di Indonesia. Namun, tingkat adopsinya pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masih berkisar 13%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi resistansi adopsi online marketplace sebagai jenis e-commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia dengan menerapkan Technological-Organizational-Environmental (TOE) Framework, Diffusion of Innovations (DOI) Theory, dan Innovation Resistance Model (IRM). Responden terdiri atas 356 pemilik UMKM Business-to-Consumer (B2C) dan Consumer-to-Consumer (C2C) di Indonesia. Sebagai pendekatan kuantiatif, metode Covariance-Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) diterapkan untuk mengolah data. Kompleksitas (perceived complexity), kemampuan pemilik (owner’s self-efficacy), dan infrastruktur sekitar (enabling conditions) ditemukan memengaruhi keyakinan atas kontrol suatu perilaku (perceived behavioural control). Kemudian, kompleksitas (perceived complexity) juga ditemukan memengaruhi risiko (perceived risk). Di sisi lain, dukungan pemerintah (government support) ditemukan tidak memengaruhi keyakinan atas kontrol suatu perilaku (perceived behavioural control). Pendekatan kualitatif dilakukan melalui wawancara untuk menggali informasi lebih lanjut. Pada akhirnya, risiko (perceived risk) dan keyakinan atas faktor-faktor di sekitar (perceived behavioural control) ditemukan memengaruhi resistansi adopsi (resistance to adopt online marketplace). Penemuan pada penelitian ini diharapkan memicu solusi berupa simplifikasi fitur-fitur pada platform online marketplace bagi penjual, literasi digital pemilik UMKM, pemerataan infrastruktur Indonesia, hingga penggencaran dukungan pemerintah dengan komunikasi dan penyuluhan yang efektif. Kata kunci: Online marketplace, UMKM, Indonesia, technological-organizational-environmental framework, diffusion of innovations theory, innovation resistance model, CB-SEM