ABSTRAK
Nama : Rosa Nur Rizky F.T.
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Pengembangan Desain Instruksional dan Desain Antarmuka
Aplikasi Berbasis Web Kursus Pemrograman: Studi Kasus
Skydu Academy
Adanya kursus pemrograman daring diharapkan dapat membantu dalam
meningkatkan kompetensi orang-orang yang memiliki minat terhadap
pemrograman sehingga bisa memenuhi kebutuhan ahli di sektor digital terutama
programmer yang saat ini jumlah antara kebutuhan dan permintaan masih tidak
sebanding. Meskipun banyak orang yang memiliki minat pemrograman dan kursus
pemrograman daring sudah mulai menjamur, masih ditemukan berbagai kendala
seperti kesulitan dalam memahami materi pemrograman. Tujuan dari penelitian ini
ialah merumuskan kebutuhan untuk menerapkan desain instruksional dan
mengembangkan desain antarmuka bagi sasaran utama penelitian ini serta
berdasarkan hasil analisis dan rancangan umum yang telah ditentukan dengan studi
kasus Skydu Academy. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran.
Dilakukan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data kualitatif dan
pelaksanaan evaluasi usability testing untuk mendapatkan data kuantitatif dan
kualitatif. Selain itu, dilakukan juga analisis terhadap prinsip-pULQVLSGDUL*DJQH¶V
1LQH(YHQWV RI ,QVWUXFWLRQ&KLFNHULQJ DQG*DPVRQ¶V6HYHQ3ULQFLSOHV RI*RRG
Practice in Online Teaching, dan Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface
Design. Hasil menunjukkan bahwa evaluasi usability testing dari segi kuantitatif
memiliki task success rate sebanyak 93.32% dan dari segi kualitatif mayoritas
partisipan menyatakan ekspektasi belajar pemrograman menggunakan aplikasi ini
sudah terpenuhi.
Kata kunci:
Kursus pemrograman daring, desain instruksional, desain antarmuka
|
|