ABSTRAK
Nama : Abhipraya Tjondronegoro, Alvia Dibby Shadqah
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PADA SHOPEE GAMES YANG
MEMENGARUHI INTENSI KEBERLANJUTAN PENGGUNA DALAM BERMAIN
GAME DAN INTENSI BELANJA DI SHOPEE
Pembimbing : Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom & Nilamsari Putri Utami S.Kom.,
M.Sc
Shopee adalah salah satu m-commerce terbesar di Indonesia yang terus berkembang saat
ini dengan tujuan memaksimalkan pengalaman pengguna pada m-commerce tersebut.
Pada Q2-2020, Shopee memiliki sebesar 260 juta transaksi dan terus bertambah pada
kuartal-kuartal selanjutnya. Salah satu aspek bisnis yang sedang berkembang saat ini
adalah gamification. Shopee menerapkan gamification menggunakan Shopee Games
yang merupakan implementasi m-commerce games paling dewasa dibandingkan game
di m-commerce lainnya dan memiliki 19 permainan di dalamnya. Pengguna Shopee
dapat bermain permainan seperti Shopee Tanam atau Shopee Lucky Prize untuk
mendapatkan hadiah berupa Koin Shopee, Grand Prize, atau Saldo ShopeePay. Suatu
kecenderungan yang ditemukan adalah saat ada kampanye besar, Shopee Games dapat
mendapatkan banyak pemain baru, namun setelah kampanye tersebut selesai terdapat
penurunan dari jumlah pemain. Untuk mencari tahu faktor-faktor yang dapat
mempertahankan pemain dalam bermain Shopee Games, penelitian ini menggunakan
uses and gratification theory (UGT) dan flow theory. Analisis pada penelitian ini
menggunakan metode covariance-based structural equation modelling (CB-SEM)
dengan data yang dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner daring yang diisi oleh
372 responden valid. Hasil analisis membuktikan bahwa faktor reward dan escapism
memengaruhi satisfaction dan flow experience; achievement dan passing time
memengaruhi satisfaction dan flow experience secara negatif; challenge hanya
memengaruhi flow experience; satisfaction dan flow experience memengaruhi game
continuance intention; dan game continuance intention memengaruhi platform purchase
intention. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan di bidang game
terutama pada m-commerce. Hasil temuan penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi
acuan untuk pengelolaan game pada Shopee Games dengan strategi yang tepat.
Kata kunci:
m-commerce, game, Shopee, Shopee Games, uses and gratification theory; flow theory;
continuance intention; purchase intention
|
|