ABSTRAK
Nama : Natasya Elora Carissa, Muhammad Erlangga , Cindy
Sonesha Evik
NPM : 1806147086, 1806147060, 1806190903
Judul : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMENGARUHI NIAT KEBERLANJUTAN
PENGGUNAAN LAYANAN SUBSCRIPTION VIDEO
ON DEMAND (SVOD): STUDI KASUS NETFLIX
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc
Pesatnya perkembangan penggunaan layanan Subscription Video on Demand (SVoD) di
Indonesia menjadikan layanan ini cukup menjanjikan. Perubahan perilaku konsumen dari
menonton melalui televisi tradisional dan bioskop menjadi melalui online streaming
mendorong pelaku industri mencari cara untuk terus bertahan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi niat keberlanjutan
penggunaan SVoD pada studi kasus Netflix. Penelitian ini menggabungkan dua teori
yaitu Expectation Confirmation Theory sebagai teori yang terbukti dapat menyelidiki
niat berkelanjutan SI dan Information System Success sebagai teori yang dapat menilai
kesuksesan SI. Selain itu, penelitian ini juga menambahkan aspek personalization yang
merupakan salah satu karakteristik dari layanan SVoD. Penelitian ini terdiri dari 623
responden yang pernah menggunakan layanan SVoD Netflix setidaknya sekali. Data yang
diperoleh pada penelitian dianalisis dengan menggunakan Covarianced-based Structural
Equation Model dengan bantuan program AMOS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa service quality berpengaruh positif terhadap confirmation, system quality
berpengaruh positif terhadap perceived usefulness, confirmation berpengaruh positif
terhadap satisfaction, serta satisfaction, perceived usefulness, dan personalization
berpengaruh positif terhadap continuance intention penggunaan layanan SVoD.
Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi
perusahaan penyedia layanan SVoD untuk mengevaluasi layanan mereka sehingga
pengguna memiliki niat untuk terus menggunakan layanan tersebut.
Kata kunci: Online Streaming, Subscription Video on Demand, Netflix, Expectation
Confirmation Theory, Information System Success Model, Personalization, CovarianceBased Structural Equation Modeling, Continuance Intention
|
|