ABSTRAK
Nama : Bhaskoro Siddhi Pradhana, Mohammed Al Kwarizmi Dwi
Anggara, Muhammad Fachri Anandito
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Implementasi Gamifikasi pada Loyalty
Program Terhadap Loyalitas Pengguna di Aplikasi Mobile
Commerce
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc.
Dengan semakin populernya perkembangan konsep gamifikasi, semakin banyak perusahaan
yang mulai mengimplementasikan konsep gamifikasi pada loyalty program yang
ditawarkannya. Walaupun demikian, belum ada penelitian yang membahas mengenai dampak
masing-masing jenis implementasi gamifikasi terhadap loyalitas pengguna pada aplikasi
mobile commerce di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
dampak dari adopsi beberapa tipe gamifikasi pada loyalty program terhadap loyalitas pengguna
pada aplikasi mobile commerce. Penelitian ini meliputi tipe gamifikasi yang ditemukan pada
aplikasi mobile commerce di Indonesia, yaitu gamifikasi tipe points, task/quests, dan levels.
Untuk menguji pengaruh dari setiap tipe gamifikasi terhadap loyalitas pengguna, penulis
melihat hubungan tiap tipe gamifikasi terhadap utilitarian dan hedonic value yang dirasakan
pengguna, serta hubungan setiap value tersebut terhadap satisfaction dan loyalty pengguna.
Penelitian dilakukan terhadap 421 responden yang pernah menggunakan loyalty program pada
aplikasi mobile commerce di Indonesia. Untuk menguji hipotesis penelitian, penulis
menggunakan metode covariance based structural equation modelling dengan aplikasi AMOS
26. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa tipe gamifikasi points, task/quest, dan levels
memengaruhi utilitarian dan hedonic value secara signifikan. Ditemukan juga bahwa
utilitarian value memengaruhi satisfaction dan loyalty, namun hedonic value hanya
memengaruhi satisfaction saja. Penelitian ini memberikan penjelasan mengenai pentingnya
utilitarian value dalam mengimplementasi gamifikasi pada loyalty program dan memberikan
wawasan bahwa tipe gamifikasi yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap loyalitas
pengguna adalah gamifikasi tipe levels.
Kata kunci:
gamifikasi, program loyalitas, loyalitas pengguna, mobile commerce, indonesia
|
|