ABSTRAK
Nama : Farah Alhaniy Efendi
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi
Massive Open Online Course (MOOC) Paytren Academy Versi
Mobile Berdasarkan Prinsip Desain Instruksional dan Desain
Interaksi
Penelitian ini berfokus pada Paytren Academy sebagai salah satu platform penyedia
MOOC. Rata-rata tingkat penyelesaian kuliah pada MOOC Indonesia yang masih relatif
rendah menunjukkan diperlukannya evaluasi dari sisi desain instruksional, desain
interaksi, dan usability. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pembelajaran
pada aplikasi mobile Paytren Academy menerapkan prinsip desain instruksional dan
desain interaksi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi usability desain kuliah
pada Paytren Academy dan mengusulkan rekomendasi perbaikan desain instruksional
dan desain antarmuka untuk Paytren Academy. Untuk mengevaluasi usability, penelitian
ini menggunakan e-Learning Usability Scale for Higher Education, System Usability
Scale (SUS), dan usability testing. Dalam melakukan proses desain, penelitian ini
menerapkan metode User-Centered Design.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip desain intruksional dan
desain interaksi pada Paytren Academy belum dilakukan secara penuh. Paytren Academy
juga masih perlu meningkatkan aspek kehadiran pengajar pada aplikasi. Sementara itu,
hasil dan analisis SUS menunjukkan bahwa aplikasi mobile Paytren Academy sudah
memiliki usability yang baik. Namun, terdapat beberapa partisipan yang mengalami
kesulitan ketika melakukan beberapa tugas pada usability testing karena beberapa hal
seperti adanya pilihan menu yang kurang familier. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut, dilakukan perancangan desain alternatif sebagai rekomendasi perbaikan. Desain
alternatif yang diajukan diharapkan dapat mendukung peningkatan efektivitas dalam
belajar usability dari aplikasi mobile Paytren Academy.
Kata kunci :
MOOC, Paytren Academy, instructional design, interaction design, usability
|
|