ABSTRAK
Nama : Edwin Lawisan
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intention Menggunakan
Fashion Subscription-Based Online Services (SOS) di Asia Tenggara: Studi
Komparatif berdasarkan Kelompok Negara
Perkembangan model e-dagang baru yakni Subscription-based Online Service (SOS) telah
mencapai skala global, dengan peningkatan signifikan dari tahun ke tahun, tercatat adanya
pemasukan 7,5 Trilliun Dolar Amerika secara kolektif, dari 2.000 penyedia jasa SOS di
Amerika Serikat saja. Metode berbelanja yang inovatif dan hemat waktu mengindikasikan
evolusi dalam industri mode dan kecantikan. Fashion Subscription-Based Online Services(SOS)
sangat mewabah di Barat, namun keberadaaannya tidak sebesar itu di Benua Asia, terutama di
Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
Purchase Intention pengguna terhadap Fashion Subscription-Based Online Services (SOS).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total responden yang terkumpul
sebanyak 852 data yang merupakan pengguna layanan Fashion SOS di Asia Tenggara. Data
kemudian akan dikelompokkan menjadi 3 yakni: Full Sample, Indonesian-only sample, dan
Singaporean-only sample. Data kemudian dianalisis dengan Partial Least Square Structural
Equation Method (PLS-SEM) menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian pun
menunjukkan bahwa faktor-faktor utilitarianism, hedonism, fashion consciousness, desire for
unique product, attitude dan subjective norm berdampak pada niat menggunakan Fashion SOS
di Asia Tenggara. Perusahaan industri Fashion and Beauty dapat menggunakan wawasan ini
untuk secara akurat memprediksi pasar sasaran yang tepat dan memiliki pemahaman yang lebih
baik tentang konsumen yang telah menggunakan metode belanja yang baru, mudah, dan
nyaman ini.
Kata kunci :
beauty, fashion, fashion subscription-based online services, subscription, intention, ecommerce, langganan, asia tenggara
|
|