ABSTRAK
Nama : Ari Wibowo
Program Studi : Magister Teknologi Informasi
Judul : Perancangan Service Desk Manajemen Layanan Teknologi Informasi
berdasarkan Kerangka Kerja ITIL 4: Studi Kasus Divisi Teknologi
Informasi dan Komunikasi Kepolisian Negara Republik Indonesia
Pembimbing : Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada sektor pemerintahan mendorong
penyediaan layanan TIK yang semakin berkualitas sehingga diharapkan kinerja semakin
efektif dan efisien. Berdasarkan wawancara dan observasi kondisi saat ini diketahui
bahwa Div TIK Polri belum mempunyai struktur service desk untuk menangani insiden,
pelaporan gangguan serta permintaan layanan dari pengguna TIK. Berdasarkan hal
tersebut maka perlu dibuat rancangan desain service desk yang sesuai dengan kebutuhan
organisasi Div TIK Polri. Penelitian ini diawali dengan kegiatan wawancara, observasi
dan studi literatur dokumen organisasi dilakukan untuk mengetahui kondisi saat ini terkait
implementasi manajemen layanan teknologi informasi sehingga diperoleh kebutuhan
rancangan service desk yang sesuai. Langkah selanjutnya dengan melakukan pemetaan
rancangan service desk, dengan menggunakan kerangka kerja ITIL 4, berpedoman pada
kebijakan dan prosedur yakni MPTIK Polri dan dokumen Tata Kelola TIK Polri serta
model dan komponen service desk yang akan menghasilkan draft rancangan service desk.
Tahap selanjutnya menguji rancangan yang telah dibuat dengan triangulasi yakni
meminta pendapat dari pakar/ahli ITSM, wawancara dengan stakeholder serta studi
literatur. Melakukan validasi rancangan service desk untuk menghasilkan rancangan yang
akan dijadikan rekomendasi rancangan desain service desk yang tepat untuk Div TIK
Polri sehingga meningkatkan layanan TIK kepada pengguna.
Kata kunci:
Div TIK Polri, ITIL, manajemen layanan teknologi informasi, Service Desk.
|