ABSTRAK
Nama : Anastasia Greta Elena
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Niat untuk Melakukan
Peningkatan ke Layanan Premium E-Wallet dari Perspektif
Value-Based Adoption Model dan Theory of Planned Behavior:
Peran dari Moderasi Perceived Need
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. & Ave
Adriana Pinem, S.Kom., M.Kom.
Perkembangan e-wallet sebagai salah satu jenis teknologi finansial terpopuler di
Indonesia kian meningkat. Saat ini, e-wallet telah berinovasi dengan menciptakan
layanan premium demi memenuhi kebutuhan pengguna akan aplikasi pembayaran
digital yang memfasilitasi beragam transaksi keuangan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat untuk melakukan
peningkatan ke layanan premium e-wallet menggunakan value-based adoption
model (VAM) dan theory of planned behavior (TPB) dengan efek moderasi
perceived need. Penelitian ini menerapkan mixed-method approach dengan
pendekatan kualitatif menggunakan metode wawancara untuk mengidentifikasi
variabel-variabel benefits dan sacrifices pada model penelitian serta pendekatan
kuantitatif menggunakan kuesioner online. Analisis data kualitatif dilakukan
menggunakan thematic analysis, sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan
menggunakan metode covariance-based structural equation modeling (CB-SEM)
dengan data survei yang terkumpul dari 690 pengguna e-wallet di Indonesia. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa value-added services, economic value, perceived
privacy risk, dan fear of excessive spending berpengaruh terhadap perceived value.
Namun, procedural cost tidak memengaruhi perceived value. Kemudian, perceived
value ditemukan berpengaruh terhadap attitude dan intention to upgrade ke layanan
premium e-wallet. Dari ketiga konstruk TPB, hanya subjective norm yang
memengaruhi intention to upgrade. Selain itu, pengaruh perceived value terhadap
intention to upgrade ditemukan lebih tinggi pada pengguna dengan perceived need
rendah. Penelitian ini memperdalam pengetahuan dalam konteks e-wallet dan
mobile payment dengan memperkenalkan layanan premium serta memberikan
perspektif bagi penyedia e-wallet mengenai pengembangan aplikasi.
Kata kunci:
Layanan premium, e-wallet, intention to upgrade, perceived need, value-based
adoption model, theory of planned behavior
|
|