Abstrak XYZ Workplace adalah sistem infcrmasi yang mengotomasikan proses bisnis pendukung sistem perdagangan efek XYZ. Sistem ini mengatur pengolahan basis data seperti tambah, ubah, hapus dan validasi basis data, serta menghasilkan Sl!atu laporan hasil analisa dari data-data tersebut. Migrasi sistem menjadi bentuk sistem dengan web based front end dilakukan sebagai suatu bentuk pengembangan dari usaha perusahan XYZ. Pada laporan ini, pembahasan dititikberatkan pada sistem informasi workplace untuk data emiten dan data efek. Pada bab II akan dijeJaskan tentang teknis pelaksaan kerja praktek yang meliputi tugas, waktu dan tempat, tahapan, dan sarana kerja praktek. SeJanjutnya akan dibahas tentang metode dan teori yang digunakan. Beberapa teen yang digunakan adalah SDLC, strllctured analysis dan modelling, konsep sistem informasi, two tier architecture, dan three tier architecture. Pada tahap pembelajaran dilakukan reverse engineering terhadap sistem yang lama sehingga didapatkan pemodelan sistemnya. Berdasarkan hasil ini dilakukan anaJisa permasalahan dan kebutuhan. Penyajian analisa kebutuhan ini dibagi menjadi anaIisa fungsi sistem, anaIisa kebutuhan sistem, dan anaIisa aIur proses dan organisasi data. Selanjutnya dilakukan perancangan sistem yang bam. Perancangan yang dilakukan meliputi perancangan alur dan antarmuka serta organisasi data. Rancangan model dan organisasi data ini dibahas di bab V. Berdasarkan rancangan yang telah dibuat, langkah selanjutnya yang dikerjakan adalah mengimplementasikan rancangan tersebut menjadi aplikasi workplace yang barn. Hasil implementasi yang dilakukan dibahas di bab VI. Bab VII membahas tentang evaluasi yang dilakukan terhadap sistem yang barn dan perbandingannya dengan sistem yang lama. Sebagai penutup laporan ini, akan dibahas tentang analisa dampak kerja praktek terhadap perusahaan XYZ, kesimpulan, saran-saran untuk pengembangan sistem, serta penerapan teon kuliah dalam praktek.