Abstrak i Ma~ajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) adalah suatu I studi tenta1g pengembangan organisasi yang berfokus pada pelanggan. Sebuah perusahaan dapat mengpptimalkan setiap kesempatan yang ada untuk memenum kebutuhan pelanggan, serta men~iJ.ckan keuntungan dengan menggunakan sistem ini. CRM memiliki banyak i . modul, sa~ah satunya adalah modul penjualan. Modul penjualan ini fungsinya untuk menanganJ' penjualan yang dilakukan oleh perusahaan agar kesempatan untuk melakukan penjualan , dan pemesanan yang dilakukan pelanggan terorganisasi dengan baik. Se uah peerangkat lunak pada awal pengembangannya, memerlukan analisa dan perancang,n yang sesuai agar benar-benar berfungsi untuk membantu pemakainya. Laporan I Kerja Pra*ek ini akan menjelaskan bagaimana sebuah modul penjualan dibuat mulai dari I . awal sam~ai siap untuk diimplementasikan oleh pengembang berikutnya. Pembuatannya mulai dar~ analisa sampai perancangan proses yang hams ada pada modul tersebut. Perancangfill modul penjuaJan ini divisualisasikan dengan bahasa pemodelan UML menggunakan alat bantu Rational Rose 2000