Ardiansyah, Nadia Victoria
Aritonang
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Perancangan Desain Aplikasi Investasi Emas PT Amartha
Mikro Fintek Melalui Pendekatan User-Centered Design.
Pembimbing : Dadan Hardianto, S.Kom., M.Kom.
Investasi merupakan kegiatan yang dapat memberikan keuntungan di masa yang
mendatang. Salah satu instrumen investasi yang banyak diminati adalah investasi emas.
Saat ini, Amartha, aplikasi peer-to-peer (P2P) lending berbasis website dan mobile,
ingin mengembangkan bisnisnya dengan menghadirkan layanan investasi emas dalam
aplikasinya. Sebagai salah satu cara untuk menarik pengguna berinvestasi emas, layanan
investasi emas tersebut akan dibungkus dengan teknik gamifikasi. Sesuai dengan
kondisi tersebut, fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk merancang desain
aplikasi investasi emas untuk Amartha serta menemukan bentuk gamifikasi yang sesuai
untuk layanan tersebut. Dalam penelitian ini, tim penulis merancang tiga macam desain
dengan gamifikasi utama yang berbeda-beda, yaitu poin, misi, dan membership, untuk
dievaluasi. Ketiga macam desain tersebut juga mengandung bentuk gamifikasi referral
code sebagai gamifikasi tambahan. Selain gamifikasi, layanan aplikasi investasi emas
tersebut juga mengandung fitur-fitur investasi emas lainnya. Setelah dievaluasi melalui
usability testing dan skala System Usability Scale (SUS), penulis menemukan bahwa
rancangan aplikasi dapat diterima dan layak secara usability. Melalui wawancara,
penulis juga menemukan gamifikasi yang dirasa paling memotivasi oleh responden
adalah model poin. Tim penulis kemudian melakukan perbaikan pada rancangan desain
berdasarkan hasil evaluasi dengan responden. Hasil perbaikan tersebut kemudian
diangkat sebagai rekomendasi rancangan desain antarmuka aplikasi investasi emas
Amartha.
Kata kunci: Investasi Emas, Gamifikasi, User-Centered Design, Usability
|
|