ABSTRAK
Nama : Thami Endamora
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Pengembangan dan Evaluasi Game Edukasi Anti-Cyberbullying untuk
Siswa Sekolah Dasar dengan Metode User-Centered Design
Pembimbing : Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc.
Lintang Matahari Hasani, S.Kom., M.Kom.
Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada seluruh jenjang pendidikan akibat
pandemi COVID-19 mengakibatkan peningkatan yang signifikan pada penggunaan
teknologi internet, tidak terkecuali pada anak-anak. Salah satu masalah yang penting
untuk diperhatikan dari fenomena ini adalah perundungan siber atau cyberbullying pada
anak. Saat ini program yang dilakukan untuk pembelajaran cyberbullying masih berfokus
pada kegiatan pelatihan satu arah dan belum ada pembelajaran interaktif yang
menyesuaikan kebutuhan pelajar muda. Berangkat dari isu tersebut, penelitian ini
membahas pengembangan prototipe game untuk memberikan pemahaman masalah
cyberbullying kepada siswa Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan metode User-
Centered Design dengan pendekatan kualitatif dalam merancang desain interaksi
berdasarkan kebutuhan pengguna. Hasil pengembangan prototipe game kemudian
diujicobakan kepada pengguna untuk mengevaluasi pengalaman pengguna dan
terpenuhinya capaian pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi, prototipe game
memberikan pengalaman pengguna yang positif dari sisi kepuasan pemain, kemudahan
mempelajari cara bermain game, kemudahan memahami konten pembelajaran dalam
game, motivasi, dan emosi. Namun, hanya satu dari dua sub-capaian pembelajaran yang
terpenuhi. Sub-capaian pembelajaran pertama, mampu menjelaskan cara berinteraksi
yang positif di ruang digital, terpenuhi, sedangkan sub-capaian pembelajaran kedua,
mampu memberikan tanggapan yang tepat terhadap perilaku dan konten negatif yang
ditemui di ruang digital, belum terpenuhi. Beberapa bagian dalam game masih dapat
ditingkatkan untuk memenuhi seluruh capaian pembelajaran.
Kata Kunci:
Cyberbullying, game edukasi, siswa Sekolah Dasar, user-centered design
|
|