ABSTRAK
Nama : Ari Angga Nugraha
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Pengembangan Sistem Chat Customer Service Berbasis
Progressive Web App: Studi Kasus PT. XYZ
Perkembangan teknologi komunikasi menjadi faktor pendukung perusahaan untuk
menghadirkan berbagai macam layanan yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
Salah satu cara tersebut adalah dengan perantara Customer Service (CS). Kebutuhan CS
akan sebuah sistem komunikasi dengan Customer yang sesuai mendorong perusahaan
untuk membuat media komunikasi khusus untuk CS mereka. PT. XYZ, sebagai salah
satu perusahaan yang ingin menerapkan media komunikasi berbasis aplikasi web khusus
untuk CS mereka, memiliki beberapa kebutuhan terkait aplikasi tersebut. Beberapa
diantaranya: dapat bekerja multi-platform dan mendukung fleksibilitas pekerjaan CS,
seperti mampu mengatur agar CS terlihat Online atau Offline, memindahkan percakapan
antar CS, mengakhiri percakapan dan memberi notifikasi jika terdapat pesan masuk.
Untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, dibutuhkan beberapa teknologi dan
layanan, khususnya layanan yang memungkinkan komunikasi antara perusahaan dengan
Customer melalui berbagai kanal komunikasi seperti Whatsapp. Salah satu layanan
yang digunakan pada penelitian ini adalah Twilio. Twilio merupakan penyedia layanan
Cloud Communication Platform yang memungkinkan developer membuat sebuah sistem
komunikasi dengan berbagai media seperti suara, pesan teks dan media lainnya serta
terintegrasi dengan layanan SMS, Whatsapp, email dan sebagainya. Pada penelitian ini
sistem komunikasi memanfaatkan Twilio dan dibangun di atas aplikasi web yang merupakan
Progressive Web App (PWA). PWA pada penelitian ini dibangun menggunakan
library ReactJs yang menggunakan bahasa pemrograman Javascript. Pemilihan PWA
pada penelitian ini berdasarkan pada keunggulan PWA seperti aplikasi web yang responsif,
dapat dipasang pada perangkat khususnya perangkat mobile, dan penggunaan service
worker yang mampu menerima Push Notification dinilai mampu memenuhi kebutuhan
sistem komunikasi CS pada PT XYZ. Notifikasi pada sistem diimplementasikan dengan
menggunakan Firebase Cloud Messaging (FCM) yang diintegrasikan dengan Twilio.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi web yang memenuhi kebutuhan PT
XYZ sehingga aplikasi web dapat digunakan oleh CS dari PT XYZ.
|
|