ABSTRAK
Live stream shopping merupakan sebuah tren yang sedang berkembang dengan pesat pada
ruang lingkup e-Commerce, khususnya saat pandemi COVID-19 berlangsung. Tren ini
dimaksudkan untuk membawa pengalaman berbelanja langsung dengan sisi interaksi
yang sedang tidak bisa dilakukan karena pandemi. Tim penulis sadar bahwa live stream
shopping masih butuh banyak perkembangan sehingga tim penulis memutuskan untuk
melakukan penelitian ini untuk memberikan evaluasi dan saran desain tampilan
antarmuka untuk aplikasi-aplikasi yang menyediakan layanan live stream shopping.
Penelitian ini menggunakan pendekatan user centered design dalam merancang desain
antarmuka, lalu mengevaluasinya menggunakan Usability Testing, wawancara dan
System Usability Scale (SUS). Penelitian ini menghasilkan desain antarmuka yang telah
dinilai masuk ke kategori baik secara desain dan usability, dengan beberapa catatan yang
telah dievaluasi dan diperbaiki dalam penelitian ini pada tahap iterasi desain. Penelitian
ini juga memberikan saran kepada calon peneliti dengan topik terkait, untuk meneliti
tampilan antarmuka live stream shopping dari sisi penjual, yang tidak dicakup oleh
penelitian ini.
Kata kunci: Live Stream Shopping, User-Centered Design, Usability, Antarmuka, Desain
Interaksi
|
|