ABSTRAK
PT Mitra Integrasi Informatika (MII) merupakan perusahaan vendor yang memiliki jasa
konsultasi dan solusi di bidang TIK. Saat ini sudah banyak proyek dari permintaan klienklien yang diselesaikan oleh MII. Dalam melakukan bisnisnya, MII memiliki target
penghasilan. Untuk mencapai target tersebut tentunya didukung oleh pengerjaan proyek
yang sesuai dengan scope, timeline, dan budget. Namun, realita yang dimiliki saat ini,
terdapat 68% dari total proyek mengalami keterlambatan delivery di tahun 2021 yang
mempengaruhi pula pada pembengkakan biaya. Dari hasil analisis, didapatkan bahwa
akar permasalahan terjadi pada area lingkup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
melakukan evaluasi dan memberikan usulan rekomendasi perbaikan proses kontrol
terhadap lingkup dalam permintaan perubahan yang terjadi pada proyek di MII agar tidak
mengalami keterlambatan delivery proyek yang berpengaruh pada reputasi perusahaan
dan mencapai target penghasilan tahunan yang sudah ditetapkan. Penelitian ini bersifat
kualitatif, menggunakan hasil wawancara dari narasumber sebagai landasan dalam
melakukan analisis pada area manajemen lingkup proyek menggunakan praktik terbaik
dari PMBOK 6th Guide.
|