ABSTRAK
PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan lembaga keuangan yang memperoleh bunga
dari kreditur, berkaitan dengan ini direktorat yang bertanggung jawab dalam pengelolaan
kredit adalah Direktorat Jaringan dan Retail Bank Mandiri. Melalui laporan tahunan
terlihat bahwa setiap tahunnya terdapat peningkatan jumlah lead, namun opportunity
yang dihasilkan belum mencapai target dan cenderung menurun. Hasilnya, marketing
performance yang ada pada Direktorat Jaringan dan Retail Bank Mandiri terlihat terus
menurun dari tahun ke tahun. Terdapat saran dari pengguna aplikasi LMS yang telah
diwawancarai agar dilakukan pengembangan dashboard monitoring terhadap aplikasi
LMS. Landasan teori yang digunakan dalam melakukan penelitian, yaitu pengembangan
Dashboard, user-centered design, key performance indicator. Lima tahap pada penelitian
yaitu studi literatur, perumusan masalah, perancangan metodologi penelitian,
implementasi metode pengembangan desain interaksi, dan penarikan kesimpulan.
Tahapan implementasi metode pengembangan desain interaksi terdiri dari Identifikasi
penggunaan Dashboard secara umum, Analisis konten Dashboard, Perencanaan desain
dan layout Dashboard, dan evaluasi penggunaan. Dashboard yang dihasilkan cukup
sesuai dengan ekspektasi pengguna yang telah diwawancarai. Pengguna diberikan
kesempatan untuk mencoba purawarupa kemudian menuangkan pengalamannya ke
dalam design thinking canvas. Hasilnya terdapat beberapa kelebihan, kekurangan, dan
poin peningkatan dalam aspek user experience.
|