ABSTRAK
Informasi merupakan aset yang cukup penting baik bagi perusahaan maupun klien yang
terkait dengan perusahaan tersebut. Perusahaan yang menyediakan aplikasi kepada
kliennya harus menjaga keamanan informasi yang disimpan di dalamnya. Informasi
yang disimpan di dalam aplikasi harus memenuhi aspek keamanan informasi, yaitu
terlindungi (confidentiality), utuh (integrity), dan tersedia (availibility). PT. XYZ
sebagai perusahaan yang menawarkan jasa berupa aplikasi CRM (Customer
Relationship Management) kepada kliennya harus memastikan keamanan informasi
yang terdapat pada aplikasinya. Permasalahan yang muncul pada aplikasi ini adalah ada
begitu banyak error, baik yang tampak maupun tidak tampak yang bisa berdampak pada
keutuhan informasi yang dimiliki. Selain itu, pada saat ini, belum pernah dilakukan
penilaian risiko pada aplikasi CRM oleh PT. XYZ. Oleh karena itu, perlu untuk
dilakukan penilaian risiko pada aplikasi ini untuk mengetahui risiko yang dapat terjadi
dan bagaimana penanganannya. Penilaian risiko dilakukan dengan metode OCTAVE
Allegro. Penilaian risiko ini nantinya dapat digunakan untuk paduan dan menyusun
kebijakan baru untuk mengamankan keamanan informasi pada aplikasi CRM di PT.
XYZ. Penelitian ini berfokus pada penilaian risiko pada setiap area of concern di
aplikasi CRM.
|