ABSTRAK
PT Kustodian Sentral efek Indonesia (KSEI) adalah salah satu self regulatory organization
(SRO) di pasar modal Indonesia yang ditunjuk sebagai Lembaga Penyimpanan dan
Penyelesaian dan merupakan satu-satunya central depository di pasar modal Indonesia
yang mengelola pusat data investor, balance/holding, dan lainnya, sehingga menuntut
KSEI harus memiliki kualitas data yang baik. Namun pada kenyataannya walaupun
kualitas data berdasarkan wawancara dan Customer Satisfaction Index (CSI) KSEI tahun
2019 sudah cukup baik dari segi integritas dan accuracy tetapi dari sisi completeness,
timeliness, dan punctuality masih harus ditingkatkan. Untuk meningkatkan kualitas data
yang diharapkan oleh organisasi dibutuhkan sebuah manajemen data yang baik dan
komponen pertama yang dapat dilakukan untuk mencapainya adalah dengan adanya data
governance. Saat ini KSEI belum memiliki data governance sehingga tujuan pada
penelitian ini adalah untuk merancang data governance yang sesuai dengan kondisi di
KSEI menggunakan panduan framework DMBOK dan beberapa penelitian terdahulu.
Rancangan yang dihasilkan pada penelitian ini meliputi struktur organisasi data
governance (pemetaan peran, aktivitas, dan tanggung jawab), model operasional, dan 13
buah usulan serta roadmap implementasi yang akan dijalankan selama 2 tahun.
Diharapkan dengan adanya penerapan data governance di KSEI dapat meningkatkan
kualitas manajemen data karena terdapat fungsi perencanaan, pengawasan, dan kontrol
terhadap data secara menyeluruh.
|