ABSTRAK
PT XYZ adalah salah satu perusahaan teknologi yang bergerak dibidang teknologi
keuangan. Perusahaan berdiri sejak tahun 2018 dan memiliki produk digital yang
terbagi ke dalam dua jenis pengguna yaitu B2B dan B2C. Sebagai perusahaan digital
produk digital dikembangkan dengan implementasi Scrum. Namun pada praktiknya
implementasi tidak berjalan mulus. Pada tahun 2021 diketahui tingkat keterlambatan
sprint mencapai 64%. Puncaknya perusahaan harus menghentikan implementasi Scrum
mereka karena adanya tingkat keterlambatan yang mencapai 100%. Penelitian ini
mengidentifikasi faktor kunci kesuksesan implementasi Scrum pada perusahaan serta
memberikan rekomendasi terhadap implementasi Scrum tersebut. Penelitian ini
menggunakan metode Analytical Hierarchy Process sebagai metode untuk
memperingkat faktor kunci kesuksesan yang paling utama pada perusahaan.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, faktor kunci dengan peringkat tertinggi adalah
komunikasi tim, diikuti oleh komitmen tim, kapabilitas tim, proses manajemen proyek,
komunikasi antara pemangku kepentingan, proses pengembangan perangkat lunak, dan
komitmen manajemen. Dari penelitian ini, diketahui bahwa komunikasi tim merupakan
faktor kunci kesuksesan yang paling berpengaruh pada implementasi Scrum pada
perusahaan.
|