ABSTRAK
Nama : Muhammad Aditya, Muhammad Ramy Azhar
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Pemenuhan Kebutuhan Media Sosial Berbasis
Video terhadap Niat Penggunaan dan Mengunjungi Wisata: Studi Kasus pada Aplikasi
TikTok
Pembimbing : Imairi Eitiveni, Ph.D. & Prof. A. Nizar Hidayanto, Dr.
Bangkitnya sektor pariwisata setelah pulih dari pandemi membantu kondisi ekonomi
menjadi lebih baik. Pengunjung tempat wisata kerap mencari informasi pariwisata
terlebih dahulu sebelum mengunjungi tempat wisata tersebut. Media sosial TikTok
menjadi salah satu pilihan yang paling sering digunakan calon pengunjung untuk mencari
informasi pariwisata karena faktor pemenuhan kebutuhan (gratifikasi). Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis atribut pemenuhan kebutuhan media sosial yang
memengaruhi sikap penggunaan media sosial sebagai sumber informasi pariwisata serta
faktor yang memengaruhi niat menggunakan media sosial untuk mencari informasi terkait
pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods yang
mengombinasikan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner penelitian secara online dan
pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan lima narasumber untuk melakukan
validasi seluruh hipotesis. Penelitian ini dilakukan terhadap 500 responden yang pernah
menggunakan media sosial TikTok untuk mencari informasi pariwisata. Pengolahan dan
analisis data dilakukan dengan metode Covariance-Based Structural Equation Modelling
(CB-SEM) menggunakan AMOS 26. Untuk mencari tahu faktor-faktor gratifikasi yang
dirasakan oleh pengguna saat menggunakan aplikasi TikTok dan keinginan menggunakan
aplikasi, penelitian ini menggunakan Uses and Gratification Theory (UGT) dan Theory
of Planned Behavior (TPB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut gratifikasi
ease of use, informativeness, dan personalization memengaruhi attitude penggunaan
aplikasi. Sementara itu, atribut gratifikasi entertainment memengaruhi langsung use
intention pengguna dalam mencari informasi pariwisata. Selanjutnya, diketahui bahwa
use intention memengaruhi visit intention pengguna terhadap suatu tempat wisata.
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penyedia layanan media sosial berbasis
user generated content (UGC) di Indonesia terutama dalam konteks pariwisata.
Kata kunci: TikTok, pariwisata, Uses and Gratifications Theory (UGT), Theory of
Planned Behavior (TPB)
|
|