ABSTRAK
Nama : Ayila Adzkiya Sucahyo, Syanne Limarwan, Wulan
Febyazzahra Putri
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Perancangan Desain Interaksi Fitur Personal Financial
Management (PFM) Pada Omnichannel Berbasis Web PT
Bank Negara Indonesia Melalui Pendekatan UserCentered Design
Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Personal Financial Management (PFM) merupakan suatu konsep bagaimana seseorang
dapat mengelola keuangan pribadi seperti mengatur pemasukan, pengeluaran, dan
tabungan. PFM hadir untuk memberikan kebebasan kepada individu dalam hal
perencanaan strategi keuangan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Terjadinya peningkatan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pengelolaan keuangan
pribadi membuat PT Bank Negara Indonesia berinovasi untuk mengimplementasikan
PFM pada omnichannel. Omnichannel merupakan platform digital banking yang sedang
dikembangkan oleh PT Bank Negara Indonesia. Hal ini menjadi salah satu pendorong
dilakukannya penelitian untuk mendapatkan tujuan dan kebutuhan pengguna terhadap
pengelolaan keuangan pribadi. Hasil analisis kebutuhan pengguna menghasilkan solusi
desain untuk fitur PFM. Penelitian ini merupakan mixed methods research, yaitu
penelitian yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif
dilakukan dengan melakukan wawancara daring dan metode kuantitatif dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner daring. Pendekatan pengembangan desain yang digunakan pada
penelitian ini adalah User-Centered Design (UCD). Melalui pendekatan UCD, dihasilkan
rancangan desain fitur PFM berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Selanjutnya, usability dari rancangan desain tersebut dievaluasi melalui tahap remote
usability testing dan expert review. Berdasarkan kedua tahap tersebut didapatkan hasil
analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi kuantitatif dari tahap remote usability
testing menunjukkan rata-rata tingkat keberhasilan tugas sebesar 86,57%. Selain itu, hasil
evaluasi kualitatif menunjukkan beberapa umpan balik positif dan juga saran sebagai
pertimbangan rekomendasi perbaikan desain lebih lanjut.
Kata Kunci : Personal Financial Management, Omnichannel, UserCentered Design, Usability
|
|