ABSTRAK
Nama : Ira Maryati
Program Studi : Doktor Ilmu Komputer
Judul : Perpustakaan Digital Layanan Pendukung Penelitian: Model
Bisnis, Prototipe, dan Strategi Implementasi pada Perpustakaan
Akademik Di Indonesia
Peran perpustakaan akademik dalam layanan pendukung penelitian
(Research Support Services) telah menjadi isu global. Namun, peran tersebut
belum dilakukan dengan baik oleh perpustakaan akademik di Indonesia;
adopsinya masih rendah dibandingkan negara lain. Sistem informasi dapat
mengatasi permasalahan tersebut melalui pengembangan model bisnis;
menghasilkan perubahan proses bisnis yang diimplementasikan dalam prototipe
perpustakaan digital layanan pendukung penelitian. Strategi implementasi yang
tepat juga dibutuhkan untuk kesuksesan adopsi perubahan proses bisnis.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat model bisnis perpustakaan digital layanan
pendukung penelitian dan implementasinya berupa sebuah prototipe. Tujuan
lainnya adalah mengembangkan strategi implementasi untuk perubahan proses
bisnis yang diusulkan.
Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed-methods). Studi
kualitatif melalui Focus Group Disscussion (FGD) digunakan dalam membangun
model bisnis yang diadopsi dari Business Model Canvas. Pengembangan prototipe
menggunakan pendekatan object oriented dengan metode Rapid Application
Development, prototyping-based methodology. Analisis usability secara
kuantitatif dengan kuesioner system usability scale (SUS) digunakan untuk
pengujian prototipe. Pengembangan strategi implementasi diperoleh dari
wawancara dengan pakar dengan metode Grounded Theory Method (GTM).
Analisis data kualitatif menggunakan analisis konten dan analisis tematik.
Penelitian menghasilkan model bisnis dengan sembilan faktor kunci yang
unik sesuai karakteristik perpustakaan akademik di Indonesia. Model bisnis
tersebut telah dilakukan pemodelan proses bisnisnya menggunakan Unified
Modelling Language (UML) dan diimplementasikan dalam prototipe; dimana hal
ini belum dilakukan pada penelitian sebelumnya. Strategi implementasi juga telah
dirancang untuk kesuksesan adopsi perubahan proses bisnis yang diusulkan.
Dibandingkan dengan penelitian terdahulu, pada penelitian ini muncul isu terkait
kesadaran staf dan kerjasama antar unit. Hal ini berkaitan dengan karakteristik
organisasi nonprofit perpustakaan akademik; dimana pada penelitian sebelumnya
strategi dirancang berdasarkan studi kasus organisasi profit. Secara praktikal, hasil
penelitian ini dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan pengembangan
teknologi dan meningkatkan adopsi perubahan proses bisnis di perpustakaan
akademik menuju layanan pendukung penelitian. Beberapa proses bisnis yang
belum diimplementasikan karena berbagai keterbatasan penelitian berpeluang
sebagai penelitian lanjutan untuk memperkuat penelitian ini.
Kata Kunci: academic digital library, research support services, Business Model
Canvas, Unified Modeling Language, implementation strategy.
|
|